Pertanyaan Umum Seputar Software Absensi Baktiku

Pertanyaan Umum

Baktiku adalah aplikasi presensi pegawai yang didesain untuk instansi pemerintah, baik pemerintahan pusat ataupun pemerintahan daerah. Aplikasi presensi online Baktiku membantu mobilitas pegawai dalam bekerja, mulai dari pencatatan kehadiran, kunjungan dinas, tugas, hingga pengajuan reimbursement. Semua proses terdokumentasi lengkap secara digital.

Berbasis cloud artinya server Baktiku dikelola oleh pihak ketiga, dalam hal ini yaitu Amazon Web Services, sehingga Baktiku dapat diakses di mana saja dan kapan saja selama user terkoneksi dengan jaringan internet.

Baktiku membantu perusahaan dalam level bisnis apapun menjadi lebih efektif dan efisien dengan risiko investasi yang sangat rendah melalui pengelolaan kinerja karyawan dalam perusahaan.

Keuntungan yang Anda dapatkan jika menggunakan Baktiku:

1. Baktiku menyediakan sistem aplikasi berbasis cloud untuk pencatatan kehadiran karyawan yang dapat digunakan dimanapun di seluruh dunia hanya dengan beberapa tap pada telepon genggam Anda. Baktiku menggunakan teknologi terkini seperti sistem GPS dan Biometrik yang memanfaatkan face recognition pada telepon genggam untuk pencatatan kehadiran lebih akurat dan mencegah terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh karyawan.

2. Memantau kehadiran karyawan pada titik kehadiran yang telah ditentukan sebelumnya oleh HR untuk berbagai kantor cabang yang dimiliki perusahaan.

3. Fitur Timesheet yang berisi data real-time dari jadwal dan kegitan karyawan langsung dari telepon genggam mereka. HR dapat memantau karyawan dengan mobilitas tinggi lebih efektif dan fitur ini sangat berguna bagi HR dalam mengevaluasi kinerja karyawannya.

4. Baktiku memiliki fitur reimbursement. Fitur ini membantu HR dan divisi keuangan dalam mengelola reimbursement karyawan. Karyawan dapat mengunduh bukti pengeluaran atau tanda terima, sedangkan HR dan divisi keuangan dapat berkoordinasi untuk memberikan persetujuan dan melakukan pembayaran reimbursement tersebut.

Baktiku mengakomodasi level bisnis apapaun, termasuk:

  • Perusahaan kecil yang minimal memiliki enam karyawan
  • Perusahaan besar yang memiliki lebih dari 500 karyawan
  • Perusahaan yang memiliki banyak cabang dan tersebar di banyak wilayah

Tidak perlu khawatir, keamanan Anda adalah prioritas utama kami. Oleh karenanya, Baktiku selalu mencoba melakukan perbaikan untuk mengoptimalkan service kami dan menjaga informasi pribadi Anda. Berikut adalah hal-hal yang kami lakukan untuk menjaga data Anda:

Security Socket Layer (SSL) 256-bit (sistem keamanan pada bank)

Tanda gembok di alamat situs (URL) Baktiku menunjukkan bahwa situs ini terlindungi oleh Security Socket Layer atau SSL. SSL memastikan bahwa data yang diterima tidak mengalami perubahan dalam perjalanannya dan tidak dapat dibaca oleh pihak-pihak lain. Kami menggunakan enkripsi SSL 256-bit, teknologi yang sama yang digunakan bank-bank untuk menjaga agar informasi akun Anda aman.

Penyimpanan Data

Data Anda tersimpan di server Amazon Web Services (AWS), yang merupakan Cloud Infrastructure as a Service paling dipercaya di dunia. Artinya, infrastruktur Baktiku aman dan dijamin oleh AWS. Reputasi AWS sebagai "Leader" di Cloud Infrastructure as a Service bisa dilihat disini.

Backup Data

Data Anda di-backup ke beberapa server dengan lokasi yang berbeda-beda. Backup data dilakukan per jam, selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.

Enkripsi Data

Sistem enkripsi data yang kami terapkan akan menjaga data-data Anda agar tidak dapat dibaca oleh siapapun. Kami menerapkan enkripsi terhadap data-data berikut agar tidak dapat dibaca oleh siapapun kecuali oleh pemilik akun yang bersangkutan:

  • Data Perusahaan
  • Data Personil
  • Data Komponen Kehadiran
  • Data Komponen Reimbursement
  • Foto untuk Face Recognition

Catatan Aktivitas (Log)

Untuk memastikan keamanan data Anda, Baktiku juga menyimpan catatan (log) untuk semua akses ke akun Anda, baik yang dilakukan oleh Anda sendiri, administrator, maupun orang yang tidak dikenal.

Jika Anda tidak memperpanjang akun Anda hingga 30 hari setelah Anda menerima notifikasi pembayaran, maka akun Anda akan secara otomatis terhapus dari sistem kami.

Aplikasi Baktiku digunakan oleh banyak user sekaligus, sehingga tidak memungkinkan bagi Baktiku untuk membuat custom fitur, karena perubahan apapun akan mempengaruhi user Baktiku lainnya. Tetapi kami sangat terbuka dengan saran membangun yang dapat memperbaiki layanan kami untuk para pengguna-pengguna lainnya. Silakan hubungi kami di info@baktiku.id.

Baktiku memberikan beberapa keuntungan dibandingkan dengan sistem kehadiran lainnya:

  1. Baktiku adalah aplikasi yang mudah dimengerti dan digunakan oleh siapapun.
  2. Fitur Baktiku telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, terutama perusahaan yang memiliki banyak karyawan dengan mobilitas tinggi namun tidak dapat memantau kehadiran mereka secara efektif.
  3. Baktiku tidak menggunakan kertas ataupun mesin. Setiap orang dapat mengunduh aplikasi Baktiku di Play Store dari telepon genggam yang dimilikinya.
  4. Risiko investasi yang rendah (dapat disesuaikan dengan jumlah karyawan). Hal tersebut membuat Baktiku menjadi sebuah sistem yang ekonomis.

Jika Anda memiliki kesulitan menggunakan Baktiku, tim support Baktiku siap melayani Anda di hari Senin - Jumat (hari kerja) dari pukul 06.00 – 15.00 WIB melalui portal live chat yang tersedia pada sisi kanan bawah halaman Baktiku atau Anda dapat menghubungi call center Baktiku di (021) 3115-1775.

Data pada Baktiku didapatkan langsung dari telepon genggam user dengan menggunakan teknologi terkini secara real-time; sistem GPS dan sistem biometrik.

Sistem GPS digunakan untuk membuat data kehadiran karyawan lebih tepat, sedangkan sistem biometrik adalah sistem komplementer menggunakan face recognition, sistem tersebut membuat Baktiku memberikan Anda jaminan ganda akan data yang Anda dapatkan.

Baktiku memiliki tiga laporan utama;

  1. Catatan kehadiran karyawan
  2. Timesheet (jadwal dan kegiatan karyawan)
  3. Reimbursement

Tidak, namun Baktiku akan menyediakan video tutorial pada menu “help” di aplikasi Baktiku.

Baktiku berbeda dengan sistem lainnya. Baktiku adalah self-service dan tidak memerlukan waktu untuk mengimplementasikannya. User akan secara otomatis mengatur dan mengimplemetasikan aplikasi dengan mengikuti guidelines penggunaan aplikasi.

Ya, karyawan Anda dapat mengakses data personal mereka pada aplikasi Baktiku. Mereka juga dapat mengunduh bukti pengeluaran atau tanda terima pada tab reimbursement.

Portal user adalah halaman khusus yang dapat di akses oleh karyawan. Portal ini berisi informasi personal mengenai karyawan:

  1. Data personal karyawan
  2. Titik kehadiran
  3. Kehadiran harian karyawan
  4. Rangkuman kehadiran
  5. Timesheet
  6. Reimbursement
Produk

Ya. Baktiku memungkinkan Anda untuk diterapkan dimanapun di dunia.

Ya. Titik kehadiran dapat di ubah kapanpun Anda mau dalam radius 10 meter sampai dengan 100 meter.

Anda tidak perlu khawatir, keamanan data Anda adalah prioritas utama kami. Jika Anda memiliki keraguan akan sistem keamanan kami, Anda dapat melihat hal-hal apa saja yang kami lakukan untuk menjaga data Anda disini.

Dalam Baktiku, kami membagi menjadi 5 admin:

1. Super Admin

Sebagai Super Admin, Anda adalah satu-satunya yang dapat mengontrol segala sesuatu pada akun perusahaan Anda, kami membatasi hanya satu Super Admin.

2. Admin General

Kami membatasi dua Admin General yang dapat membantu Super Admin.

3. Admin Attendance

Kami membatasi satu Admin Attendance untuk mengelola catatan kehadiran karyawan perusahaan Anda.

4. Admin Reimbursement

Kami membatasi satu Admin Reimbursement untuk mengelola reimbursement perusahaan Anda.

5. Admin Timesheet

Karena Timesheet akan digunakan oleh banyak karyawan, maka kami membatasi maksimum Admin Timesheet adalah 100 admin.

Program Partnership

Silakan hubungi kami untuk membahas kesempatan ini lebih lanjut.

Head Office:
Gedung Binasentra Lt. 1 Unit 106
Kompleks Bidakara
Jl. Gatot Subroto Kav. 71-73
Pancoran, Jakarta Selatan 12870
Indonesia
 
Phone: (021) 3115-1775
Email: info@baktiku.id